Pengertian Domain dan Hosting

Dipublikasikan Oleh: | Pada: Wednesday, January 04, 2017
Pengertian Domain dan Hosting
Powerguide9 - Domain dan Hosting seringkali akan kita dengar ketika sedang berbicara atau membahas perihal website. Domain dan Hosting menjadi unsur yang tidak bisa lepas dari sebuah website. Jika salah satu dari kedua unsur itu tidak ada, maka website sulit diakses.

Domain

Domain bisa kita artikan sebuah alamat, seperti jalan raya jendral sudirman no 50 misalnya. Pada dasarnya, Domain adalah suatu nama yang unik, digunakan sebagai pengganti Alamat IP. Domain disebut juga sebagai Alamat Website, seperti contohnya google.com dan lainnya.

Domain memiliki format huruf ( a,b,c dan seterusnya ), angka ( 1,2,3 dan seterusnya ) dan simbol ( - ) sebagai nama url situs web. Anda dapat membuat alamat website sesuai keinginan Anda, bisa menggunakan huruf, angka atau simbol saja.

Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna internet dalam mengakses suatu situs web serta mempermudah mengingat alamat situs web yang akan diakses dari pada harus menggunakan sederetan angka-angka rumit yang disebut Alamat IP. 

Seperti misalnya Anda ingin mengakses situs web google.co.id, jika Anda menggunakan Alamat IP maka Anda harus mengakses melalui kombinasi angka seperti 173.194.39.19, hal tersebut tentu akan menyulitkan pengguna internet. Maka dari itu ada sebuah domain untuk memberikan kemudahan bagi pengguna internet.

PARK DOMAIN

Park Domain (atau domain yang di-parkir-kan) adalah domain tambahan yang kita tambahkan ke Main Domain dari suatu paket hosting tertentu.  Domain jenis ini hanya digunakan sebagai alias (nama lain, atau redirect) dari Main Domain yang bersangkutan.

Sebagai contoh, Main Domain paket hosting Anda adalah www.powerguide9.com

Lalu Anda tambahkan sebuah Park Domain di cPanel paket hosting Anda sebuah domain www.supermankawin.com

Yang akan terjadi adalah ketika para pengguna membuka www.powerguide9.com pada browser mereka, yang akan ditampilkan adalah website www.supermankawin.com

Dengan kata lain, www.powerguide9.com = www.supermankawin.com

Harap diingat dan dicatat bahwa Park Domain tidak bisa dikembangkan menjadi sebuah website independen (website tersendiri).  Hal ini akan menjadi lebih jelas setelah kita membaca penjelasan mengenai Add On Domain dibawah ini.


ADD ON DOMAIN

Add On Domain adalah domain tambahan yang kita tambahkan ke Main Domain dari suatu paket hosting tertentu.  Berbeda dengan Park Domain, domain jenis ini bukan diperuntukkan untuk kepentingan redirect.  Domain jenis ini bisa kita kembangkan menjadi sebuah website independen - dengan menggunakan sumberdaya paket hosting yang sama (dengan kata lain, CPU - RAM - Disk Space paket hosting bersangkutan berbagi pakai dengan website/domain yang di-"host"-kan pada paket hosting yang sama).

Sebagai contoh, Main Domain paket hosting Anda adalah www.powerguide9.com

Lalu Anda tambahkan sebuah Add On Domain di cPanel paket hosting Anda sebuah domain www.webtambahan.com

Domain www.superman.com adalah sebuah website tersendiri, katakanlah Anda develop menggunakan Wordpress.

Domain www.powerguide9.com adalah sebuah website tersendiri, katakanlah Anda develop menggunakan Joomla.

Kedua website tersebut di-"host"-kan pada paket hosting yang sama.  Jadi kedua website tersebut - walau saling berdiri secara independen antara satu sama lain - menggunakan kekuatan CPU, RAM dan Disk Space dari paket hosting yang sama.

SUBDOMAIN

Subdomain sebenarnya bukanlah sebuah domain.  Subdomain hanyalah pembagian ruang di dalam suatu domain tertentu.

Sebagai contoh, kita mau membuat sebuah subdomain dari Main Domain kita.  Katakanlah Main Domain yang kita miliki adalah www.powerguid9.com, dan lalu kita mau membuat sebuah subdomain bernama "blog" terhadap main domain tersebut.

Maka hasilnya adalah blog.powerguide9.com, dimana "blog" disana adalah subdomain dari www.powerguide9.com.

Hosting

Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Lebih mudahnya hosting itu hardisk tempat menyimpat file atau data, hampir sama dengan fungsi hardisk pada komputer dan laptop dan flashdisk,, hanya saja,,, hosting adalah sebutan untuk hardisk yang diakses secara online.

Hosting Gratis
Hosting gratis juga banyak disediakan oleh pemilik web hosting, tujuan dari pemberian hosting gratis ini tentu sangat baik khususnya bagi mereka yang ingin melihat dulu kualitas dari hosting yang akan dipilihnya, biasanya hosting gratis akan disertai dengan pilihan upgrade ke paket yang berbayar, jika ternyata trafik sudah tidak bisa ditampung lagi oleh hosting gratisan.


Hosting Berbayar
Paket hosting berbayar memiliki jenis yang berbeda-beda, tergantung dari pemilik webhosting mau memberi nama apa. Hosting berbayar biasanya memiliki kelebihan tersendiri dibanding dengan hosting yang gratisan.


Beritahu Teman Anda Melalui :

Zacky

Author & Editor

Tidak ada yang istimewa dalam diri saya. Terima kasih atas kunjungan anda dan membaca Pengertian Domain dan Hosting, semoga Power Guide 9 bermanfaat untuk kita semua.

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Respon SEO ✔